Rabu, 13 April 2011

13 April, Batas Pengiriman Nilai Sekolah SMA


Pengiriman nilai sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa/Sekolah Menengah Kejuruan ke penyelenggara UN tingkat pusat dibatasi hingga 13 April. "Nilai sekolah akan digabung dengan nilai Ujian Nasional (UN) sebagai nilai akhir untuk menentukan kelulusan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Ka Balitbang Kemdiknas) Mansyur Ramly dalam jumpa pers pelaksanaan UN 2011 untuk tingkat SLTA, di Jakarta, Rabu (13/4).



Ia menyampaikan, sesuai Prosedur Operasi Standar Badan Standar Nasional Pendidikan (POS BSNP), seharusnya batas akhir pengiriman pada 11 April. Ia menyebutkan, sebanyak 33 provinsi telah mengirimkan nilai sekolah, tetapi tidak semuanya lengkap. "Saya sudah menyurat atas nama Pak Menteri kepada gubernur dan bupati untuk segera mengirim nilai sekolah paling lambat hari ini," katanya didampingi anggota Badan Standar Nasional Pendidikan Mungin Eddy Wibowo.

Pengiriman nilai sekolah/madrasah dikoordinasikan oleh penyelenggara UN tingkat provinsi dengan menggunakan perangkat lunak dari penyelenggara UN tingkat pusat. Nilai sekolah/madrasah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan SMP Luar Biasa diharapkan sudah diterima oleh penyelenggara UN tingkat pusat paling lambat satu minggu sebelum UN.

Kelulusan UN ditentukan berdasarkan nilai akhir diperoleh dari gabungan nilai UN dan nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan dengan pembobotan 60:40. Nilai sekolah diperoleh dari gabungan antara nilai ujian sekolah dan nilai rata-rata rapor masing-masing semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA/SMALB, dan SMK dengan pembobotan 60:40.

"Pembobotan nilai dilakukan oleh pusat. Sekolah yang tidak menyetor nilai sekolah maka tidak bisa dinilai. Sekolah rugi sendiri tidak ada nilai akhir," ujar Mansyur.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan Mungin Eddy Wibowo menyampaikan, UN Utama 2010/2011 jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) akan dilaksanakan pada 18-21 April 2011 dan UN Susulan pada 25-28 April 2011. Adapun UN Utama jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan SMA Luar Biasa (SMALB) pada 18-20 April 2011 dan UN Susulan pada 25-27 April 2011. "UN Susulan ditujukan bagi peserta didik yang tidak bisa mengikuti UN Utama," katanya.

Sementara jadwal UN Utama jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/MTs/SMPLB) pada 25-28 April 2011 dan UN Susulan pada 3-6 Mei 2011. Selanjutnya, jadwal UN Utama jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB) pada 10-12 Mei 2011 dan UN Susulan 17-19 Mei 2011.

Adapun mata pelajaran yang diujikan jenjang SMA/MA Program IPA meliputi Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Kimia, dan Fisika; Program IPS meliputi Bahasa Indonesia Sosiologi, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, dan Ekonomi; Program Bahasa meliputi Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sejarah Budaya/Antropologi, dan Bahasa Asing; dan Program Keagamaan meliputi Bahasa Indonesia, Fikih, Matematika, Bahasa Inggris, Hadis, dan Tafsir. Pada jenjang SMK dan SMALB akan diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Sementara pada jenjang SMP/MTs/SMPLB diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan pada jenjang SD/MI/SDLB diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Jumlah peserta UN masing-masing jenjang SMA/MA/SMK/SMALB sebanyak 2.442.599 peserta dan 25.656 sekolah, jenjang SMP/MTs dan SMPLB 3.716.596 peserta dan 47.369 sekolah, dan jenjang SD/MI/SDLB 4.249.367 peserta dan 163.490 sekolah.

Sumber:  13 April, Batas Pengiriman Nilai Sekolah SMA

0 pENdaPaT:

Posting Komentar

Silahkan di tulis komentarnya.... jangan sungkan, jangan malu, dan jangan ragu. Gratissss kooo

Membaca Al-Quran