Sabtu, 15 Januari 2011

10 Kebiasaan yang dapat Merusak Otak



Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Salam Prestasi...
Salam Sukses...

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Tanpa disadari rutinitas sehari-hari dan kebiasaan motorik kita dapat menyebabkan kerusakan pada otak.
Sayang kan, kalau masih muda sudah blo'on dan pikun.
Berikut merupakan rangkuman kegiatan sehari-hari yang secara tak langsung dapat merusak otak kita. Hendaknya, sertelah membaca ini kita dapat menjaga kesehatan otak kita.


1.      Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak menyempatkan untuk sarapan memiliki kadar gula darah yang rendah yang mengakibatkan berkurangnya suplai nutrisi ke otak.


2.      Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi kadar lemaknya tinggi, dapat menyebabkan pembuluh darah otak mengeras karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan kemampuan kinerja otak menurun.

3.      Merokok
Zat dalam rokok yang terisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4.      Mengonsumsi Gula terlalu Banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

5.      Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang terpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6.      Kurang Tidur
Otak perlu tidur untuk beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kurang tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel otak..

7.      Menutup Kepala saat Tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan  konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8.      Menggunakan Pikiran saat Sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.

9.      Kurang Menstimulasi Pikiran
Berfikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10.  Jarang Berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

sumber dari buku:

SUPER GREAT MEMORY
Metode Lengkap dan Praktis untuk 
Melejitkan Daya Ingat Super Anda !
Oleh: Mr. SGM
(Halaman: 94 dan 96)

Alhamdulilaahirobbil-'alamiin

Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu sehat.


Untuk Informasi Bimbingan Belajar di sini:



<'@II<   ^_^ !!

0 pENdaPaT:

Posting Komentar

Silahkan di tulis komentarnya.... jangan sungkan, jangan malu, dan jangan ragu. Gratissss kooo

Membaca Al-Quran