Rabu, 12 Januari 2011

Tips Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN



Salam Prestasi...
Salam Sukses...

Tak terasa yaaa... Sebentar lagi siswa SD, SMP dan SMA akan melaksanakan Ujian Naional dan UASBN. TAPI, apakah sudah siap untuk menghadapinya??? Berikut ini beberapa TIPS yang dapat kalian lakukan untuk mempersiapkannya...

1.      Siapkan waktu sebaik mungkin
Perhatikan urutan mata pelajaran yang akan diujikan lalu jadwalkan waktu untuk belajar dari mulai sekarang, dan jika sudah terjadwalkan jaga jadwal belajarnya agar bisa terlaksana dengan baik. Mulailah untuk mempelajari mata pelajaran yang diujikan terlebih dahulu dari sekarang. Kurangilah waktu bermainmu. Jalankan kebiasaan ini setiap hari termasuk diakhir pekan.


2.      Pelajari kembali catatanmu setiap hari
Setelah pulang sekolah, biasakan untuk mempelajari kembali catatanmu. Hal ini dilakukan agar kita benar-benar mengerti pelajaran yang kita dapatkan di sekolah.

3.      Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang sebelumnya
Melihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan serta try out-try out sebelumnya juga merupakan proses belajar. Coba lihat kembali dimana kalian melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu apabila soal tersebut termasuk dalam soal yang diujikan , kalian sudah siap untuk menyelesaikannya dengan benar.

4.      Buatlah kelompok belajar
Dengan belajar kelompok kalian dapat bertukar pikiran untuk membahas pelajaran yang kurang dimengerti atau sulit. Tetapi pastikan bahwa saat belajar bersama, kalian memang memakai waktu tersebut untuk belajar dan bukannya mengobrol.

5.      Ikuti bimbingan belajar
Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri kita menghadapi Ujian Nasional dan UASBN adalah mengikuti bimbingan belajar. Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan mata-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah serta apabila kalian tidak mengerti, kalian dapat menanyakannya pada guru bimbingan belajar tersebut.

6.      Jaga kesehatan tubuh
Waktu Ujian semakin dekat dan itu berarti kita harus belajar lebih giat hingga kadang lupa waktu. Karena terlalu lelah, kita jadi jatuh sakit, wah kalau begini kita jadi terhambat deh untuk proses belajarnya. Konsumsilah pula makanan yang bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, jangan makan makanan yang sembarangan. Intinya, kita harus menjaga kesehatan tubuh agar kesehatan kita tetap prima sehingga akhirnya kita dapat menyelesaikan ujian dengan baik.

7.      “Aku Bisa !!!”
Kadang kita merasa tidak “PeDe” (Percaya Diri) akan menyelasaikan ujian dengan baik. Buanglah jauh-jauh pikiran itu dan katakan pada diri sendiri bahwa kita siap dan “BISA” mengahadapinya dan akan mendapatkan nilai baik. Dengan mempunyai rasa percaya diri, kita akhirnya dapat berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.

8.      Selesaikan belajar sehari sebelum ujian dilaksanakan
Biasanya kita sering tidak tidur dimalam Ujian, sehingga akhirnya kita merasa mengantuk keesokan harinya, akibatnya kita tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik. Agar hal ini tidak terjadi, usahakan untuk menyelesaikan belajar sehari sebelum Ujian dimulai. Lalu istirahatlah yang cukup agar tidak mengantuk disaat Ujian berlangsung.

9.      Datanglah lebih pagi
Akhirnya hari ujian pun tiba. Usahakan datang lebih pagi ke sekolah karena jika kalian datang terlambat yang akan kalian pikirkan adalah “semoga tidak terlambat”. Karena merasa deg-degan, materi pelajaran yang kalian sudah pelajari jauh-jauh hari jadi terlupakan deh. Bayangkan kalau kalian datang lebih pagi, kan bisa mengulang catatan.

Sumber: duniabelajar.com

Dan PRIMAGAMA PASAR KEMIS adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang bergerak dalam Bimbingan Belajar untuk membantu SISWA dalam mempersiapkan Ujian Nasioanal (UN), Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), Ujian Mid Semester dan Ujian Semester.

Tips-tips diatas adalah cara yang ampuh untuk mempersiapkan dan menghadapi Ujian baik UN, UASBN,  Ujian Mid Semester dan Ujian Semester.

"AKU BISA MENGHADAPI UJIAN, AKU SIAP"


Untuk Informasi Bimbingan Belajar di:

(021) 59307467 - 59307468

1 pENdaPaT:

Anonim mengatakan...

aku suka
karna bisa menghadapi ujian kelas 6

Posting Komentar

Silahkan di tulis komentarnya.... jangan sungkan, jangan malu, dan jangan ragu. Gratissss kooo

Membaca Al-Quran